Gambar
Resmikan Lapangan Bola Volly Bermasa Dan Bersih Desa Langkat, Wabup Bagus Santoso Nonton Bareng Wayang Kulit
Sabtu, 03 Juni 2023 Kecamatan 193 Kali

SIAK KECIL, - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bengkalis DR H Bagus Santoso secara resmi membuka Kegiatan Tradisi Bersih Desa Tahun 2023 dan peresmian Lapangan Bola Voly Putera puteri dukungan program Bermasa, Jumat malam 2 Juni 2023.

Dalam sambutannya Bagus Santoso mengatakan merasa senang karena hampir rutin setiap tahun dapat mengikuti kegiatan Bersih Desa Langkat.

gambar

Wabup menambahkan bahwa kegiatan bersih desa termasuk salah satu tradisi budaya yang mesti dilestarikan.

“Saya sangat mengapresiasi, di zaman seperti ini masih ada acara Bersih Desa, ini salah satu tradisi budaya atau kearifan lokal yang mesti dilestarikan,” ucapnya.

Selanjutnya dikatakan Wabup bahwa Filosofi Bersih Desa dimaknai tidak hanya bersih secara jasad jasmani tetapi juga bersih jiwa untuk mencapai kebahagian bahagia lahir dan batin.

“Filosofi Bersih Desa ini tidak hanya bersih desanya, tapi bersih hati, bersih persaudaraan atau ikhlas menjalin peseduluran - bersih semangatnya serta menjaga kerukunan mementingkan kekeluargaan dan gotong-royong,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Wabup Tradisi bersih Desa atau yang biasa disebut sedekah bumi, hakikatnya juga merupakan metode yang digunakan orang dahulu untuk menyatukan berbagai kelompok dari setiap perbedaan.

gambar

Menurut Wabup tradisi bersih desa awalnya cetusan para wali saat mensyiarkan agama Islam ditanah Jawa. Hal itu dibuktikan setiap tradisi yang dibuat oleh para wali tetap lestari dan tak mudah untuk ditinggalkan. Karena tradisi yang diajarkan wali semuanya baik, sebab mengandung unsur pemersatu setiap perbedaan budaya di tengah masyarakat.

"Ini tradisi yang harus dilestarikan. Coba lihat, hampir semua desa eks Transmigrasi Kecamatan Siak Kecil masyarakatnya bersatu padu rukun bangun desa,” jelas Wabup.

Kades Misran pada sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis yang telah memberikan bantuan keuangan desa 1 miliar 1 desa sehingga kegiatan desanya sangat terbantu.

“Kami tegak lurus siap mensukseskan program Bermasa KBS - Kasmarni Bagus Santoso “ katanya.

gambar

Acara yang disesaki ribuan warga eks transmigrasi bertambah semangat, ditambah lagi semakin malam makin riuh, dan terus membludak. Bahkan terlihat penuh sesak. Yang tak mau sempit-sempitan, memilih berdiri di luar tenda.

Diakhir dilanjutkan nonton bareng pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk menampilkan Dalang Kondang Aditya Saputra Dalang Cilik yang kini sudah beranjak remaja dengan lakon Wahyu Senopati.

Sumber : Prokopim

BERITA TERBARU
Gambar
Kamis, 12 September 2024
Tambah Dua Tahun Masa Jabatan, Kades dan BPD Bandar Laksamana, Bukit Batu serta Siak Kecil Dikukuhkan Bupati

BANDAR LAKSAMANA - Bupati Bengkalis Kasmarni resmi mengukuhkan perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dan Badan Permusyawarah Desa (BPD)...

Gambar
Kamis, 05 September 2024
ni Persyaratannya, Disdik Bengkalis Buka Penerimaan Beasiswa 2024

BENGKALIS - Sebagai salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam bidang pendidikan, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) kembali mengumumkan...

Gambar
Selasa, 03 September 2024
Plt Kabag Kesra Harapkan Dai Desa Jadi Agen Percepatan Wujudkan Bengkalis BERMASA

SIAK KECIL - Pelaksana Tugas Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Plt Kabag Kesra) Setda Bengkalis, H Herman Nur meminta agar...

logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
Logo
KECAMATAN SIAK KECIL
Bermarwah
Maju
Sejahtera
Kontak
Jl. Ismail Yusuf No.09 Desa Lubuk Muda
KEC. SIAK KECIL KAB. BENGKALIS
PROV. RIAU 28771
Kontak -
Email kecsiakkecil.bengkaliskab@gmail.com
logo