Gambar
Tinjau Lokasi Banjir Tiga Desa Di Siak Kecil, Wakil Bupati Serahkan Bantuan dan Pastikan Perbaikan Infrastruktur Terdampak
Sabtu, 30 Desember 2023 Kecamatan 96 Kali

SIAK KECIL- Bergerak cepat merespon bencana banjir akibat hujan di daerah (tiga) desa dalam wilayah Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Bupati Bengkalis melalui Wakil Bupati Dr.H.Bagus Santoso meninjau langsung lokasi bencana dan warga terdampak banjir, bertempat di Desa Muara Dua, Sabtu (30/12/2023) pagi.

Banjir yang melanda tiga desa tersebut, yakni Desa Sungai Linau, Desa Muara Dua dan Desa Bandar Jaya Kecamatan Siak Kecil itu terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan ini.

gambar

Selain melakukan peninjauan lokasi dan masyarakat terdampak banjir, Wakil Bupati Bengkalis juga membawa bantuan pangan untuk dibagikan kepada masyarakat terdampak.

Dihadapan masyarakat yang menyambut kehadirannya, Wabup yang bergelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah tersebut menyampaikan salam dari Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni yang turut prihatin dan memberikan semangat serta motivasi bagi warga yang terdampak banjir.

gambar

Semua ini Kuasa Tuhan yang telah menjadikan bumi ini turun temurun dan disetiap titik lokasi kami yakin masyarakat sudah memahami untuk bersama-sama kita jaga dan merawatnya.

“Hari ini saya berkeliling bersama dengan perangkat daerah dibawah kepemimpinan KBS yakni BPBD, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial serta unsur-unsur lainnya, ada TNI-POLRI, ada PT. Pertamina RU II Sungai Pakning dan ada PT.Bumi Siak Pusako, juga ada dari PUPR untuk membantu serta memantau masyarakat terdampak banjir, sembari mencarikan solusi guna mengurai penyebab banjir dan mendesak semua pihak untuk segera membantu,” Ujarnya.

gambar

Kami sambung Bagus lagi, ingin melihat secara langsung apa penyebab banjir ini, apakah karena ada yang tersumbatnya aliran parit-parit yang ada di desa ini atau di Sungai Siak Kecilnya, dan akan kita petakan, sehingga memang harus mendapat action langsung seperti pengerukan, pembersihan dan pelebaran Sungai. “Alhamdulillah, tahun ini Bupati kita Ibu Kasmarni sudah mendatangkan dan membeli alat berat ampiby, nanti tinggal PUPR secara tekhnis untuk bisa mendatangkan alat tersebut untuk membersih aliran Sungai Siak Kecil sepanjang 159 KM yang sudah dipenuhi berbagai tumbuhan seperti bakung, umpai dan lain sebagainya,” Ucap Bagus.

Hari ini juga lanjut Wabup, Bupati Bengkalis telah langsung memerintahkan Dinas Sosial dan Dinas Ketahanan Pangan untuk membantu kebutuhan pangan masyarakat yang telah terdampak banjir.

gambar

Pokoknya Insyaa Allah kebutuhan 165 KK di Desa Muara Dua, 30 KK Desa Bandar Jaya dan 245 KK Desa Sungai Linau yang terdampak banjir akan tercukupi.

“Selain bantuan dari Dinas Sosial dan Dinas Ketahanan Pangan, hari ini dari PT.Pertamina RU II Sungai Pakning juga ada memberikan bantuan sembako, untuk itu terkait tekhnis pembagiannya apakah diantar atau dijemput, saya serahkan kepada Camat Siak Kecil untuk berunding dengan Kepala Desa di tiga desa yang terdampak banjir ini, yang terpenting bagaimana bantuan ini dapat dinikmati oleh semua KK yang terkena banjir,” Sebut Wabup.

gambar

Usai dari melakukan peninjauan bersama seluruh unsur yang ada menggunakan spead BPBD dan sampan-sampan masyarakat, Wabup juga menjelaskan bahwa telah didapatkan beberapa solusi yang harus segera kita tindak lanjuti, seperti tadi kita sudah menghubungi Kementerian PU khususnya BWSS II Riau, dan Insyaa Allah mereka akan segera menurunkan bantuan dan menunggu surat dari kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Solusi lainnya lanjut Wabup lagi, yakni adanya beberapa kanal yang memang harus ditutup, agar tidak menggenangi perkampungan warga.

gambar

“Jadi tadi sudah kami pantau dan rencana aksi yang perlu segera kita lakukan adalah membuat sekat parit dibeberapa titik lokasi, untuk menutup akses air masuk ke perkampungan warga. Dan kami juga sudah berkomunikasi dengan PT. BSP, dalam waktu dekat mereka akan bantu membuatkan sekat parit tersebut, dan juga dari PU serta BPBD bersama TNI-POLRI bersama masyarakat juga akan bergotong royong untuk membuatkan sekat parit di titik lainnya,” Jelas Wabup.

Kegiatan peninjauan lokasi banjir di akhiri dengan penyerahan paket sembako dari Bupati Bengkalis dan juga PT. Pertamina UR II Sungai Pakning dari Wakil Bupati Bengkalis kepada Camat Siak Kecil. Dan dilanjutkan dengan meninjau masyarakat yang sementara diungsikan ke rumah Babhinkamtibmas Desa Muara Dua.

gambar

“Kepada Masyarakat tetap semangat, tetap sabar, inilah kampung kita, inilah negeri kita yang memang harus kita terima dan kita syukuri, kami Pemerintah akan selalu hadir, Negeri ini Insya Allah secara bertahap dari infrastrukturnya dan dari ekonominya akan terus bangkit bersama masyarakat,” Pungkas Wabup.

gambar

Tampak hadir dalam peninjauan banjir tersebut, Kepala BPBD Sufandi, Kadis Ketahanan Pangan Susi Hartati, Kadis Sosial diwakili Mar, Humas PT. Pertamina UR II Sei Pakning Rahmat Hidayat, Perwakilan PT.BSP, Perwakilan Dinas PUPR Edi. Juga hadir Camat Siak Kecil Syahnan Adi Kusuma, Kapolsek Siak Kecil Eko, Koramil 05 Bukit Batu Letda. Inf. Erli, Pj, Kades Muara Dua Slamet Riyono, Kades Bandar Jaya Suyanto dan beberapa elemen Masyarakat.

Sumber : PROKOPIM

BERITA TERBARU
Gambar
Kamis, 12 September 2024
Tambah Dua Tahun Masa Jabatan, Kades dan BPD Bandar Laksamana, Bukit Batu serta Siak Kecil Dikukuhkan Bupati

BANDAR LAKSAMANA - Bupati Bengkalis Kasmarni resmi mengukuhkan perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dan Badan Permusyawarah Desa (BPD)...

Gambar
Kamis, 05 September 2024
ni Persyaratannya, Disdik Bengkalis Buka Penerimaan Beasiswa 2024

BENGKALIS - Sebagai salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam bidang pendidikan, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) kembali mengumumkan...

Gambar
Selasa, 03 September 2024
Plt Kabag Kesra Harapkan Dai Desa Jadi Agen Percepatan Wujudkan Bengkalis BERMASA

SIAK KECIL - Pelaksana Tugas Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Plt Kabag Kesra) Setda Bengkalis, H Herman Nur meminta agar...

logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
Logo
KECAMATAN SIAK KECIL
Bermarwah
Maju
Sejahtera
Kontak
Jl. Ismail Yusuf No.09 Desa Lubuk Muda
KEC. SIAK KECIL KAB. BENGKALIS
PROV. RIAU 28771
Kontak -
Email kecsiakkecil.bengkaliskab@gmail.com
logo