Gambar
Alat Berat Amfibi Milik Pemkab Bengkalis Langsung Bersihkan Sungai Siak Kecil
Kamis, 25 Januari 2024 Kecamatan 116 Kali

SIAK KECIL- Wakil Bupati Bengkalis Dr Bagus Santoso menegaskan musibah banjir yang melanda di Desa Muara Dua dan Desa Sadar Jaya Kecamatan Siak Kecil disebabkan arus sungainya terhambat.

gambar

Akibatnya, luas sungai dengan lebar 100 meter ini penuh ditumbuhi tumbuhan Bakung, tumbuhan kampai dan tumbuhan kasau.

Tegasan tersebut disampaikan Wabup Bengkalis Dr H Bagus Santoso saat turun langsung melihat alat berat Excavator Amphibi PC80 melakukan normalisasi sungai Siak Kecil, Kamis (25/1/2024).

gambar

Pemkab Bengkalis sudah berupaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini, dari daratan Pemkab sudah memberi bantuan sosial berupa sembako dan dari lautan/sungai Pemkab menyediakan Excavator amphibi PC80.

"Memang untuk menuntaskan permasalahan yang kita hadapi di sungai ini butuh dukungan dari semua pihak, baik dari Kementrian PUPR, Provinsi, Swasta dan juga masyarakat", jelas Bagus.

gambar

Lebih lanjut Mantan Anggota DPRD Provinsi Riau ini menjelaskan, memang sejak tahun1980 sungai Siak kecil ini belum pernah tersentuhkan untuk dibersih, maka hari ini dimasa kepemimpinan Kasmarni - Bagus Santoso secara bertahap kita lakukan.

Kita sadari kebijakan normalisasi sungai ini adalah kebijakan Kementerian PUPR, namun kendalanya saat ini yang kita hadapi adalah kurangnya perhatian.

gambar

Karena Pemkab Bengkalis melalui Dinas PUPR sudah melayangkan surat bahkan sudah hadir langsung di Kementerian PUPR untuk menyampaikan permasalahan urgent yang kita hadapi.

"Yang jelas kita sudah berbuat, semoga dengan langkah yang kita lakukan ini nantinya ada perhatian khusus dari Kementrian PUPR, Provinsi Riau, Balai Wilayah Sungai Sumatera III serta swasta", ucap Bagus.

gambar

Kemudian Bagus menambahkan, awalnya sungai Siak kecil ini lebarnya 100 meter dan panjangnya 79 KM menuju ke Tasik, saat ini lintasan sungainya dengan lebar 5 meter bahkan lebih kurang 1,5 KM sungainya tertutup ditumbuhi tumbuhan Bakung, tumbuhan kampai, tumbuhan kasau bahkan pohon sagu.

"Sungai Manggis Desa Lubuk Gaung kita lihat sungainya tertutup habis oleh semak belukar bahkan ditumbuhi pokok sagu. Sehingga arus sungainya terhambat maka kendalanya banjir di Kecamatan Siak Kecil ini lambat surutnya", ucapnya.

gambar

Dikesempatan tersebut Sekretaris PUPR Erdila mengatakan 1 Excavator amphibi PC80 yang sudah kita sediakan ini 1 tahun pun tidak akan tuntas melakukan normalisasi Sungai Siak Kecil, hambatannya yang disampaikan Pak Wakil Bupati tadi adalah realita karena tumbuhan bakung, tumbuhan kampai, tumbuhan kasau memiliki akar yang kuat.

"Kita butuh 10 Excavator amphibi PC 200 untuk membersihkan tumbuhan Bakung, kampai, kasau ini, semoga dengan kita bergerak nantinya ada perhatian dari Kementrian PUPR", jelas Erdila.

Hadir Mendampingi Wabup, Camat Siak Kecil Syahnan Ady Kusuma, Kapolsek Siak Kecil Ipda Eko Wahyu NB serta beberapa pejabat Kecamatan.

Sumber : Prokopim

BERITA TERBARU
Gambar
Jum'at, 19 Juli 2024
Peringatan Harganas Ke-31 Provinsi Riau, Bengkalis Terima Penghargaan Kampung Keluarga Berkualitas

PEKANBARU - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat Provinsi Riau diselenggarakan di Balai Serindit Pekanbaru Jumat, 19...

Gambar
Kamis, 18 Juli 2024
Evaluasi SAKIP, Bupati Kasmarni Bersama Kepala PD Paparan Dihadapan KemenPAN-RB

PEKANBARU - Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Bengkalis tahun 2024, Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Sekretaris Daerah...

Gambar
Selasa, 21 Mei 2024
Bupati Kasmarni Raih Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan IPDN

JATINANGOR - Bupati Bengkalis Kasmarni menerima penghargaan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bertempat di Balairung Rudini Kampus...

logo
logo
logo
logo
logo
logo
logo
Logo
KECAMATAN SIAK KECIL
Bermarwah
Maju
Sejahtera
Kontak
Jl. Ismail Yusuf No.09 Desa Lubuk Muda
KEC. SIAK KECIL KAB. BENGKALIS
PROV. RIAU 28771
Kontak -
Email [email protected]
logo